VRML “Virtual Reality Modeling/Markup Language”

Singkatan ini saya peroleh ketika saya install nagios, di menu system nagis ada pilihan 3-D Status Map. Ketika tool tersebut saya klik ternyata brosel mendownload file berextensi wrl, saya juga bingung dan baca2 eee ketemu apa yang diharapkan:

VRML adalah singkatan dari “Virtual Reality Modeling language” dan sering dibaca “vermel”. Meskipun  demikian VRML tidak benar-benar menunjukkan “virtual reality”. VRML esensinya adalah bahasa pemrograman yang memperbolehkan pencipta Web site untuk membuat lingkungan yang interaktif, lingkungan Cyber space 3-Dimensi.

Visi awal dari VRML 1.0 (URL http://vrml.wired.com/concepts/visions.html) adalah perpotongan dari format file inventor (ASCII) dengan beberapa tambahan untuk memperbolehkan linking keluar ke Web dan memasukkan URL lainnya. Feature yang disebut linking out feature ini (WWW Anchor) menyediakan feature yang sama yang disediakan HREF anchors di HTML. Feature lain yang penting adalah LOD (Level of Detail) yang membolehkan sejumlah data berbasis objek untuk menentukan bagaimana kejelasan objek dalam pandangan, atau kecepatan render dari mesin browser.
VRML 1.0 diakui sebagai titik awal minimal untuk visi yang lebih besar.VRML 2.0 yang sedang dikembangkan dapat dilihat di URL:
http://www.vrml.org/vrml20info.html).