Network Attached Storage (NAS)

Artikel ini ada ketika saya mempunyai server yang kehabisan storage HDD dalam server tersebut, kemudian muncull masalah lagi karena tidak ada dana untuk membelii storage yang baru hahaha :-D, permasalahan itu dapat di selesaikan dengan memanfaatkan Network Attached Storage (NAS).

Network Attached Storage(NAS)????? . NAS adalah sebuah sistem dimana sebuah storage server difungsikan sebagai tempat menyimpan data dari keseluruhan sistem, back-up atau cadangan sistem.

Network-Attached Storage (NAS) device adalah sebuah sistem penyimpanan yang mempunyai tujuan khusus yaitu untuk diakses dari jauh melalui data network. Klien mengakses NAS melalui RPC ( remote-procedure-call) seperti NFS untuk UNIX atau CIFS untuk Windows. RPC dibawa melalui TCP atau UDP (User Datagram Protocol) dari IP network biasanya dalam local-area network (LAN) yang sama dengan yang membawa semua lalu lintas data ke klien. Unit NAS biasanya diimplementasikan sebagai sebuah RAID array dengan software yang mengimplementasikaninterface RPC.

NAS menyediakan jalan yang cocok untuk setiap komputer dalam sebuah LAN untuk saling berbagi pool penyimpanan dengan kemudahan yang sama seperti menamai dan menikmati akses seperti HAS lokal. Umumnya cenderung untuk lebih tidak efisien dan memiliki peforma yang lebih buruk dari penyimpanan direct-attached.

ISCSI adalah protokol NAS terbaru. Protokol ini menggunakan protokol IP network untuk membawa protokol SCSI. Host dapat memperlakukan penyimpanannya seperti direct-attached, tapistorage-nya sendiri dapat berada jauh dari host.

Dari gambar tersebut data storage sebagai pusat data dari setiap server,

Secara umum sebuah Storage Server memiliki fungsi sebagai berikut :

  • Penyimpanan file-file secara umum (general storage)
  • Database
  • Multimedia File (Klip, Gambar, Lagu, Film)
  • Backup Data
  • Datashare Media (berbagi file dengan berbagai perangkat berbeda)

NAS menawarkan keuntungan sebagai berikut :
1. Lebih cepat akses ke data yang tersimpan melalui Local Area Network <LAN>.
2. Biaya minim dan perawatan yang murah dan mudah mulai dari setup hingga konfigurasi.
3. Tersedia Software Open Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar