Sun Microsystem Meluncurkan Server Ramah Lingkungan

1 Juli 2009 – Sun Microsystem kembali meluncurkan beberapa jajaran server terbaru untuk beberapa segmentasi. Yang membuat keseluruhan jajaran server terbaru tersebut tampak berbeda karena semua server tersebut sudah diintegrasikan dengan teknologi terbaru, seperti Solid State Disks (SSD) berbasis Flash dan platform Open Storage. Server-server tersebut adalah Sun Fire X4270 server, Sun Blade X6270 server module (segmentasi Virtualisasi), Sun Fire X4170, X2270, X4275, Sun Ultra 27 workstation (segmentasi Enterprise dan web), dan Sun Blade X6275 server module (segmentasi High Performance Computing).
Semua server yang diluncurkan pada hari ini, ditenagai oleh prosesor Intel Xeon 5500 EP. Kata “EP” pada akhir seri prosesor ini dapat diartikan sebagai prosesor yang lebih ramah lingkungan. Prosesor ini telah dilengkapi dengan teknologi hemat daya, sehingga dapat membuat lebih ramah lingkungan. Pihak Sun juga menjelaskan beberapa alasan mereka menggunakan prosesor Intel. Salah satu alasan yang cukup menarik karena dengan menggunakan prosesor tersebut, server ini dapat mendukung beberapa OS seperti Windows, Linux, dan juga Solaris.

Server-server tersebut juga sudah dilengkapi dengan berbagai solusi virtualisasi termasuk Sun xVM Ops Center, VMware, Microsoft Hyper V, dan Solaris Containers.

Yang membedakan antar server yang dirilis hari ini adalah spesifikasinya. Spesifikasi tersebut dibedakan berdasarkan segmentasi dari server-server tersebut.

Keseluruhan server ini juga diklaim Sun lebih “green”. Hal tersebut dibuktikan dengan server yang lebih hemat daya dan bahan pembuatan server ini juga menggunakan bahan yang ramah terhadap lingkungan.

Source : Press Conference Sun
Author : Del
link : http://www.sun.com/